Friday 13 July 2018

Wedding Story - Tentang Make Up Pernikahan



tulisanhelda - Ngomongin soal make up, buat para perempuan pasti engga akan ada abis-abisnya apalagi kalau udah urusan make up hari kebahagiaan a.k.a NIKAH. Kalian satu pemikiran gak sih sama aku? Kalau make up pas kita nikah itu cukup penting karna fokus utama dalam penampilan mempelai pasti tertuju pada pengantin perempuan. Entah itu make up atau busana pengantin yang dikenakan.

Sama seperti yang lain, waktu aku memutuskan untuk menikah, aku ngumpulin banyak banget kontak-kontak MUA wedding Bandung dan masing-masing aku mintain price list-nya.
Sebetulnya, aku udah naksir banget salah satu MUA wedding di Bandung. Aku naksir ini jauh dari aku ada pikiran kepengen nikah, udah lama banget deh pokoknya. Gak perlu aku sebutin kali ya, yang pasti itu adalah impian aku untuk bisa di make up sama MUA wedding itu pas aku nikah.
Terus pas nikah aku pake MUA wedding itu? Jawabannya adalah, engga cyiin. Kenapa ? Harganya lumayan tinggi menurutku, mungkin bisa aja sih tapi sepertinya berasa sayang uang aja untuk makeup saja yang cuma sehari doang bisa ngabisin kocek hampir mendekati harga catering, oh no!
Akhirnya aku cuma bisa capture-capture hasil makeupnya untuk aku jadikan referensi dan aku request ke MUA wedding yang make up-in aku pas nikah.
Hari pernikahanku pun datang. Seperti yang udah aku ceritakan sebelumnya, aku pake jasa make up dari paket wedding YulanSR tepatnya aku di dandanin sama Teh Puput, perias utama dari YulanSR Wedding. Teh Puput ini orangnya asik, baik banget, bersyukur banget seluruh tim dari semua vendor-vendor pernikahanku itu baik-baik bangeeeet gak ada yang aneh-aneh deh pokoknya semuanya superrrrrr, ini adalah salah satu rezeki buat aku dan keluarga. Alhamdulilah.

Pas mau mulai make up teh Puput nunjukkin foto yang sebelumnya pernah aku kirim sebagai request aku ke teh Puput kalau aku ingin didandanin kaya "gitu". 

"mau kaya gini ya?", sambil nunjukkin foto
"teh, gak usah terpatok sama itu. teteh yang lebih ngerti gimana yang bagus buat wajah aku. Aku percayain semuanya ke teteh", jawabku
"oh gitu, siap atuh.", sambil senyum manis

photo by @smoothfotografi
Setiap perias pengantin biasanya punya cara-cara tertentu ketika lagi make up-in pengantinnya, begitu pula dengan teh Puput. Selama proses make up aku tidak sama sekali diperbolehkan untuk bercermin alias ngaca, sedikit pun engga boleh, di hp juga gak boleh, pokoknya gak boleh! Kalau kata teh Puput "sama aku diharamkan ngaca yah". Memang selama make up aku dihadapkan ke kaca, tapi ditutupin sama brush-brushnya teh Puput, jadi yaa gak keliatan. Jujur saja, pasti kalian gatel kan ingin ngaca karna penasaran kalau lagi di make up ? Samaaaa! aku gatel banget, tapi karna aku udah mantap bahwa aku mau mempercayakan semuanya sama teh Puput, akhirnya aku tunggu sampe proses make up selesai. 


Selesai make up beserta pemasangan melati, siger dan kembang goyang, akhirnya aku diperbolehkan untuk bercermin. And i'm so speechless, terharuuuuu bagus banget hasilnyaaa. Sesuai dengan yang aku harapkan, bahkan lebih. Aku cuma bisa senyum kinyis-kinyis depan cermin sambil gak percaya kalau itu aku, hihihi.
Aku puas, sangat puas!



Menggunakan siger atau aksesoris pernikahan adat sunda adalah impian aku. Senang sekali rasanya hal itu terwujud yang juga dipadukan dengan make up soft tangan ajaibnya teh Puput yang aku sukaaaaa banget. Siger itu waaah berat sih emang dikepala, aku waktu itu banyak nunduk-nunduk karna kalau engga jadinya kaya berat kebelakang berkat kondenya yang lumayan berat juga. Aku pake siger cuma pas akad aja, mungkin sekitar kurang lebih 3 jam, itu aja udah cukup pusing sih, tapi aku puas.


Hal yang mau aku sampaikan disini mengenai makeup pernikahan adalah ketika kita pilih atau memang udah punya MUA sendiri, tapi ternyata kita gak bisa tuh pake MUAnya di tanggal pernikahan yang sudah ditentukan dengan berbagai alasan tentunya. Misalnya jadwalnya udah full, di make up-innya bukan sama perias utama melainkan tim (biasanya ada beberapa kaya gitu, ingin pakai MUA dan yang rias ya harus perias utamanya), biaya kemahalan, lokasi jauh, dan berbagai faktor lainnya. Yang namanya perempuan, kadang suka "keukeuh" banget kalau udah pengennya A ya harus A, tapi mari kita buka persepsi lain yang lebih bijaksana.

Aku adalah termasuk orang yang kaya gitu tadi tuh, kalau mau A ya harus A gimanapun caranya, tapi aku akhirnya mencoba untuk berfikir lebih luas dan bijaksana. Soal make up pengantin ini, hey shaaay make up yang kita lihat bagus itu kan bagus di orang lain, bukan di kita. Bagus di orang lain belum tentu bagus di kita. Aku beberapa kali bahkan sering liat ada yang pas di make up sama MUA terkenal malah jadi biasa saja, ada juga yang di makeup sama MUA yang belum terkenal-terkenal banget hasilnya malah bagus.
Karna menurutku, bagus tidaknya make up adalah tergantung bagaimana diri kitanya sendiri. Tergantung aura dari dalam diri kita, tergantung pada pembawaan kita. 

Seperti kata pepatah terdahulu yang mengatakan, “jangan mengukur baju orang lain di badan sendiri” maksudnya janganlah menetapkan sesuatu tentang orang lain dengan membandingkan dan mengukurnya dengan ukuran kita sendiri.


Kalau emang MUA yang diimpikan gak berhasil terwujud, bijaksanalah. Pasti ada pilihan MUA lain, MUA kan banyak yaaah, banyak banget malahan. Pelajaran yang aku ambil dari pas make up nikah kemarin adalah, ketika kita udah milih tim MUA meskipun bukan yang sebenernya kita impikan, mulailah dengan memberikan kepercayan penuh sama tim MUA-nya. Request boleh, tapi gak berlebihan, jangan rewel. Ketika kita udah menaruh kepercayaan sama orang yg make up kita, justru dia akan melakukan yang terbaik untuk kita, karna itu juga salah satu cara kita menghargai orang lain. Percaya deh, itu berdasarkan pengalaman pribadi ya cyin, setiap orang berbeda-beda sih.

Nah gimana? Itu persepsi dari aku ya, mungkin ada persepsi lain? Yuk sharing. xoxo!
Sekian tulisanku kali ini, thank you for reading. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di tulisanku lainnya.


Love,
Helda Kardyana




12 comments:

  1. Cantik banget ih Teh! Suka banget sama hasilnya flawless!😍

    ReplyDelete
  2. Ya ampun jadi aja kepikiran cari MUA dari sekarang buat nikahan ntar hihi

    ReplyDelete
  3. Dulu aku jg ga di makeupin sama MUA yg udah diimpiin sejak lama, cuma yg paling penting buat aku itu lebih di catering krn repot sis sama urusan perut orang haha

    ReplyDelete
  4. wah bisa jadi referensiku nanti nih, thx for sharing

    ReplyDelete
  5. Make up nya cakep banget sih... Gak cakey dan bener bener wedding make up :D

    ReplyDelete
  6. wahhh bagus bangett hasil make-up nyaaa, cantik bangeettt

    ReplyDelete
  7. Hallo Calon Pengantin Bandung

    Akang/Teteh berencana akan menikah dalam waktu dekat? Butuh referensi gedung pernikahan di Bandung.

    Special Booking di Bulan Oktober 2018:
    1. Cash Back Rp. 15.000.000
    2. Hadiah Bawa Pulang Jam for Couple / TV LG 32 inch
    3. Undian Motor Vespa
    4. Undian Umrah

    Boleh chat ke nomor 0811-2169-111 atau kunjungi instagram : @his_kologdam (Klik link yang ada bio)

    ReplyDelete
  8. HIS balai sartika memiliki konsep One Stop Wedding Service, dengan konsep One Stop Wedding Service ini lebih memudahkan kak winda kedepannya dalam pemilihan vendor, yang sudah mencakup seluruh kebutuhan kak ina dari mulai :
    -Gedung
    -Catering
    -Dekor
    -Rias busana & Make up
    -Fotografi
    -Entertaiment
    -MC
    -Upacara Adat
    -Wedding car
    -Wedding Organizer & Wedding Consultant

    Info lebih lanjut bisa hub Zulfa 089611648377 (WA)

    ReplyDelete
  9. Dear brides and grooms to be 
    Salam hangat dari HIS Seskoad Grand Ballroom Bandung.
    Kami dengan bangga mempersembahkan venue terbaru kami yaitu “HIS Seskoad Grand Ballroom”, Gedung seskoad yang berletak strategis nan mewah yang menjadi favorit para calon pengantin ini kini berada di naungan HIS, untuk itu fasilitas yang terdapat di gedung seskoad grand ballroom kini berstandard seperti gedung HIS lainnya, “Ballroom full karpet eksklusif, AC, Lampu Kristal, dan design ruangan yang elegan&mewah”. Selain gedung, kami juga bekerjasama dengan banyak pilihan vendor ternama di Bandung, mulai dari catering, busana&MUA, dekorasi, music&entertaiment, fotografi&videografi, MC, wedding car, hingga pelayanan yang kami miliki untuk membantu calon pengantin dari awal sampai akhir yaitu, Wedding Public Relations, Wedding Planner, dan Wedding Executor. Dengan sistem “One Stop Wedding Service”, Kami pastikan akan memberikan pelayanan terbaik di hari Bahagia akang teteh 
    Untuk itu kami mengundang akang teteh calon pengantin, untuk datang ke pre-launching HIS Seskoad Ballroom kami, dan segera dapatkan HARGA PRE-LAUNCHING yang pasti akan sangat worth it dengan fasilitas dan pelayanan yang kami berikan serta BONUS FANTASTIS! untuk akang teteh calon pengantin Cuma di HIS SESKOAD GRAND BALLROOM.

    BOOKING FEE ONLY RP.5000.000
    For more info and detail call :
    Wedding Public Relations HIS Seskoad Grand Ballroom
    GIYANTI : 082261170022 (WA)
    INSTAGRAM : @his_seskoad @giyanti.hisseskoad
    See u brides and grooms to be!

    ReplyDelete
  10. Dear brides and grooms to be
    Salam hangat dari HIS Seskoad Grand Ballroom Bandung.
    Kami dengan bangga mempersembahkan venue terbaru kami yaitu “HIS Seskoad Grand Ballroom”, Gedung seskoad yang berletak strategis nan mewah yang menjadi favorit para calon pengantin ini kini berada di naungan HIS, untuk itu fasilitas yang terdapat di gedung seskoad grand ballroom kini berstandard seperti gedung HIS lainnya, “Ballroom full karpet eksklusif, AC, Lampu Kristal, dan design ruangan yang elegan&mewah”. Selain gedung, kami juga bekerjasama dengan banyak pilihan vendor ternama di Bandung, mulai dari catering, busana&MUA, dekorasi, music&entertaiment, fotografi&videografi, MC, wedding car, hingga pelayanan yang kami miliki untuk membantu calon pengantin dari awal sampai akhir yaitu, Wedding Public Relations, Wedding Planner, dan Wedding Executor. Dengan sistem “One Stop Wedding Service”, Kami pastikan akan memberikan pelayanan terbaik di hari Bahagia akang teteh
    Untuk itu kami mengundang akang teteh calon pengantin, untuk datang ke pre-launching HIS Seskoad Ballroom kami, dan segera dapatkan HARGA PRE-LAUNCHING yang pasti akan sangat worth it dengan fasilitas dan pelayanan yang kami berikan serta BONUS FANTASTIS! untuk akang teteh calon pengantin Cuma di HIS SESKOAD GRAND BALLROOM.

    For more info and detail call :
    Wedding Public Relation HIS Seskoad Grand Ballroom
    RATU : 087827900910 (WA)
    INSTAGRAM : @his_seskoad @ratu.hisseskoad

    See u brides and grooms to be!
    - HIS Wedding Venue Organizer-

    ReplyDelete